Aneka Bahan Pengganti Rum untuk Kue

Apa sih bahan pengganti rum? untuk umat muslim rum memang tidak halal alias haram karena mengandung alkohol hasil fermentasi dan distilasi dari molase (tetes tebu) atau air tebu yang merupakan produk samping industri gula. Kandungan Alkohol dalam Rhum termasuk tingkat tinggi yaitu sekitar 38%.


flavour rhum ternyata masih menggunakan alkohol sebagai pelarut. Ini dijumpai hampir pada seluruh flavour rhum yang dijumpai di pasaran. (Catatan: Flavour rhum bukanlah satu-satunya perasa yang menggunakan alkohol lho… Flavour buah atau flavour vanila, coklat, atau kopi rupanya juga menggunakan alkohol sebagai pelarut. So.. be careful ya buat konsumen muslim. Apalagi menurut penelitian LPPOM MUI kandungan alkohol pada flavor buah pada botol ukuran kecil mencapai 7 persen).

Untuk lebih lanjut soal rhum anda bisa membaca lebih lanjut di sini Blog Pustaka Pangan nah pada postingan resep cake lezat kali ini adalah untuk membahas bahan bahan pengganti rhum atau rum dalam pembuatan kue atau cake,

Pengganti rhum (dalam fungsi melembabkan) bisa dengan membuat Simple Syrup

Bahan:

• 100 gr gula pasir
• 100 ml air
Cara membuatnya: kedua bahan di atas dimasak hingga gula larut keseluruhan, matikan api, lalu dinginkan.
Ditambahkan saja flavour sesuai selera.

Ada tips lain sebagai pengganti rhum dalam pembuatan kue yaitu solusinya memakai air jeruk manis yang diberi sedikit madu. Selamat mencoba ya

Selain itu ada juga yang bilang bahwa sekarang juga tersedia Rhum Zero alcohol. namun saya sendiri kurang yakin dengan itu.

Semoga bermanfaat
Diberdayakan oleh Blogger.